Selasa, 15 Mei 2018

Apa itu Learning Management System?


Sebuah sistem manajemen pembelajaran ( LMS) adalah infrastruktur e-learning yang dapat dibangun dan dikirimkan. LMS dikembangkan baru-baru ini. Namun, pergeseran paradigma yang sama di industri ini mengharuskan sistem ini. Dalam mempromosikan kebutuhan middleware akademik untuk mengintegrasikan sistem pembelajaran canggih. Konstanta poulus (2001) menyoroti pergeseran paradigma dalam industri pendidikan yang memerlukan sistem ini.
Watson 2007 menjelaskan bahwa LMS adalah kerangka kerja yang menangani semua aspek dari proses pembelajaran. LMS adalah infrastruktur yang memberikan dan mengelola konten pembelajaran, mengidentifikasi dan menilai pembelajaran individu atau kelompok atau tujuan pembelajaran, menelusuri kemajuan untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengumpulkan serta menyajikan data proses pembelajaran suatu kelompok atau kelas secara keseluruhan. Menurut Hanum 2013, Learning Management System (LMS) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat materi pembelajaran online berbasiskan web dan mengelola kegiatan pembelajaran serta hasil-hasilnya. LMS juga memiliki fitur-fitur yang dapat memenuhi semua kebutuhan dari pengguna dalam hal pembelajaran.
   Harashima dalam Alsakrisna, 2014 mengungkapkan bahwa manfaat LMS ialah mempromosikan belajar aktif tidak terbatas waktu atau ruang kelas tertentu, komunikasi antara instruktur dan siswa dan pembelajaran kolaboratif antara siswa.
Manfaat yang dirasakan ketika memilih situs LMS sebagai tempat mengenyam pendidikan adalah (Bradley, dkk 2013):
Ø  Kemudahan dan kecepatan set-up (total perkiraan waktu set up 10 orang jam)
Ø  Tidak ada start up atau biaya pemeliharaan, tidak ada kebutuhan ruang
Ø  Dukungan profesional lokal untuka plikasi perangkat lunak berkelanjutan
Ø  System (penggunaan utama dari software ini untuk kelas UoG)
Ø  Fakultas, staf dan keakraban siswa dengan sistem
Ø  kapasitas penyimpanan besar dan format fleksibel untuk penggunaan multi-tahun
Ø  Sistem keamanan untuk penyimpanan informasi dan diskusi terjaga
Ø  Kemampuan untuk memberikan pengguna berbagai jenis akses (read-only, dll).
Ø  Kemampuan untuk mengundang pengguna yang tidak menggunakan D2L di institusi rumah mereka
Sementara banyak manfaat yang sama dapat dicapai melalui forum publik terbuka, seperti wiki atau facebook, LMS menawarkan beberapa keuntungan yang situs-situs publik tidak bisa. Keamanan tambahan dari situs pribadi seperti D2L, di mana semua anggota harus diundang oleh administrator situs, melindungi informasi pribadi dan diskusi topik dari sedang diakses oleh orang luar. Eksklusivitas ini membantu memastikan bahwa anggota jaringan merasa nyaman berbagi informasi berkaitan dengan pengajaran dan penelitian mereka. Sementara forum publik melakukan meningkatkan potensi lain seperti hati individu menemukan situs dan menjadi terlibat, ini masih sebanding dengan banyak manfaat yang disebutkan di atas LMS.


Referensi

Bradley, Nicolette, Lorraine Jadeski, Genevieve Newton, Kerry Ritchie, Scott Merrett dan
William Bettger. 2013. The Use of a Learning Management System (LMS) to Serve as the Virtual Common Space of a Network for the Scholarship of Teaching and Learning (SoTL) in an Academic Department. Education Science. 3; 136-146.

Duguay, CR., Landry, S., Pasin, F. (1997). Dari Produksi Massal Untuk
Fleksibel/Manufaktur Tangkas. International Journal of Operations & Manajemen Produksi, Vol. 17, No. 12, 1997, pp. 1183-1195 @ MCB University Press, 0144-3577.

Hanum, N.S (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi
Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto).  Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan PPs UNY. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1.

Konstanto poulus, M., Spyrou, T., Darzentas, J.(2001). kebutuhana kademik middleware
untuk mendukung layanan canggih belajar”, jaringan komputer, Vol. 37 (2001), pp. 773-781, Elsevier.

Watson, William R. dan Sunnie Lee Watson. 2007. An Argument for Clarity: What are
Learning Management Systems, What are They Not, and What Should They Become?. TechTrends. 51, (2); 28-34.